Rabu, 18 Januari 2012

MODAL MENCAPAI PUNCAK KARIR

Untuk Mencapai puncak tertinggi, dibutuhkan banyak aspek, tak cukup hanya ambisi untuk mencapai kesana. Dibutuhkan ketrampilan dan keahlian dalam bidang-bidang tertentu. Pastikan anda memiliki modal tesebut agar ” selamat ” sampai di tujuan. Berikut 7 ketrampilan dan keahlian yang bisa mengantarkan anda ke kursi tertinggi yang sudah anda cita-citakan :
  1. Keahlian berbicara
    Mungkin terdengar sepele dan umum. Tetapi tak semua orang memiliki kepercayaan diri untuk berbicara di depan umum. Tak hanya itu, adapula sebagian orang yang tak berani bicara dengan orang yang ia anggap lebih pandai atau lebih tua dari dirinya. Kemampuan untuk bisa berbicara dengan ragam orang diragam situasi amatlah penting. Menjadi pembicara yang andal membuat kehadiran anda amat diingat orang lain. Berlatih untuk bicara dalam ragam kesempatan, seringlah mendengarkan dan menonton orang bicara di televisi.
  2. Kepercayaan diri dalam mengambil keputusan
    Seorang pemimpin yang baik selalu mampu mengambil keputusan dan selalu memilki perhitungan ketika akan mengambil keputusan. Jika kepemimpian anda lumpuh karena takut melakukan keputusan yang salah, maka anda tak akan melakukan pun. Banyak pemimpin hebat melakukan keputusan-keputusan beresiko tinggi dan menyadari bahwa kesalahan masih bisa dikoreksi. Kesalahan adalah pelajaran dari kesuksesan yang tertunda. Belajarlah untuk menimbang pro dan kontra sebuah permasalahan, pikirkaan masak-masak, lalu buat keputusan. Jangan selalu bermain  aman setiap waktu, karena anda tak akan membuat perbedaan atau membuat anda dikenang jika hanya melakukan hal itu-itu saja
  3. Akuntabilitas
    Satu hal yang menjadi bagian utama kesuksesan adalah kemauan untuk mengambil tanggung jawab, baik untuk sukses dan kegagalan. Jika anda ingin orang lain menghargai anda, maka memang ada kesalahan yang merupakan kesalahan anda, Akuilah, jangan mencari kambing hitam. Setiap orang melakukan kesalahan, tetapi pembelajaran tersulitnya adalah bagaimana anda bereaksi terhadap kesalahan itu. Bagaimana anda menyikapi kejadian yang sudah terjadi dan mengambil hikmahnya.
  4. Sikap positif
    Orang pesimis akan membawa orang-orang  sekelilingnya merasa buruk dan jadi tak terlalu produktif. Jika anda bisa mengambil sisi positif dari keadaan yang buruk, anda akan mengajak orang lain untuk bersikap positif pula. Sikap dan cara pandang positif dikontrol oleh pikiran anda sendiri. Jangan melihat permasalahan, tapi carilah solusinya.
  5. Presentasi diri
    Pandai membawa dan menempatkan diri dengan segala atribut adalah hal penting. Baik itu bicara anda, berpakaian, potongan rambut, cara anda mendadani diri berbicara lebih banyak tentang diri anda sebelum anda bicara. Jangan lupa, bahwa dandanan dan penampilan anda juga mendorong bagaimana anda membawakan diri anda.
  6. Atur waktu
    Nah,  ini juga adalah hal yang penting. Dandanan rapi, pandai bicara, tetapi tak bisa mengatur apa pun, sama juga bohong. Ketidakteraturan berarti anda akan selalu mencoba menylesaikan apa yang seharusnya menjadi pekerjaan anda. Ketergesa-gesaan menyelesaikan pekerjaan memberikan kesempatan untuk kemungkinan terjadinyakesalahan. Belajarlah untuk menyimpan agenda yang mencatat tenggang waktu dan mengatur jadwal untuk pekerjaan anda. Kemampuan untuk bisa tepat waktu, bahkan lebih cepat dari waktu yang ditentukan bisa membuat anda dihormati. Karena ini adalah berarti anda tipe orang yang bisa menset gol yang menantang, dan bisa menggunakan waktu yang dimiliki secara efisien.
  7. Pandai menemukan solusi
    Ada masalah di kantor ? Ketidakefisienan pekerjaan pegawai,atau pemborosan keuangan, atau apa pun itu. Jika anda menemukan sebuah solusi, jalankan dan usahakan. Mereka yang memiliki solusi dan membantu perusahaan ke arah yang lebih baik, pasti akan menemukan jalan untuk menjadi yang teratas. Jangan hanya berpangku tangan dan menunggu perintah. Inisiatif untuk menjadi seorang pemecah masalah pasti selalu dihargai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar