Rabu, 29 Februari 2012

Pentingnya PAUD bagi anak


Usia dini (0-5 thn) merupakan usia yang sangat menentukan, dalam pembentukan karakter dan kepribadian seorang anak. Usia itu sebagai usia penting bagi pengembangan intelegensi permanen dirinya, mereka juga mampu menyerap informasi yang sangat tinggi. Informasi tentang potensi yang dimiliki anak usia itu, sudah banyak diketengahkan di media massa dan media elektronik lainnya. Bahkan sudah banyak penelitian yang dilakukan untuk membuktikan, pada usia itu memiliki kemampuan intelegensi yang sangat tinggi

Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal.

Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.

Ada dua tujuan diselenggarakannya pendidikan anak usia dini yaitu:

  • Tujuan utama: untuk membentuk anak Indonesia yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan pada masa dewasa.
  • Tujuan penyerta: untuk membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan belajar (akademik) di sekolah.
Pendidikan PAUD sangatlah penting untuk keberlanjutan pendidikan anak dalam pertumbuhannya, namun orang tua kadang kurang memahami terhadap pentingnya PAUD untuk anak sebelum memasuki SD, anak bisa tertinggal dari teman-temannya dalam pembelajarannya, baik dalam aspek kognitif, psikomotor, dan afektifnya.
Pada umumnya anak yang yang masuk pada Sekolah Dasar (SD) sudah siap dalam kesiapan mental dan psikomotornya karena mereka sudah pernah melakukan bermain dan bersosialisasi dengan teman sebayanya. sehingga lebih memudahkan anak tersebut dalam mengikuti pembelajaran di SD.
Pendidikan PAUD di Kec. Saronggi alhamdulillah sudah mulai digalakkan dan orang tua sudah banyak yang mengerti dan memahami pentingnya PADU untuk anak dibawah umut 5 thn. namun demikian masih ada beberapa SD yang masih menerima siswabaru SD usia 5 Tahun, hal ini juga menjadi perhatian buat Kepala Sekolah dan Guru-guru SD khususnya, sehingga SD tidak menerima anak yang usianya masih belum siap dan belum cukup memasuki SD.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar